Sejarah Singkat

Laboratorium Kimia Terpadu Institut Pertanian Bogor (LT-IPB) dibentuk pada tanggal 14 September 1984 berdasarkan SK Rektor No. 127/c/1984 dengan nama Laboratorium Terpadu Institut Pertanian Bogor. Pada saat itu LT-IPB menempati gedung eks Fatemeta IPB di Jalan Lodaya II No.3 Bogor. Saat pertama kali dibentuk, LT-IPB terdiri dari Laboratorium Analisis Kimia, Bengkel Elektronika, Laboratorium Mikroskopi Elektron dan Laboratorium Rekayasa Genetik, namun selanjutnya mengalami perubahan diselaraskan dengan pengembangan IPB.  Pada tahun 1990 sesuai SK Rektor No 144/C/1990 LT-IPB berubah menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang mempunyai tugas memfasilitasi kegiatan akademik di IPB dan melayani masyarakat yang memerlukan dukungan fasilitas laboratorium. Pada tahun 1996, sesuai SK Rektor No.004/Um/1996, LT-IPB mengalami perubahan struktur organisasi dengan bertambahnya Divisi Biomedis melengkapi Divisi Analisis Produk dan Divisi kualitas Lingkungan yang ditetapkan terlebih dahulu. Selama tiga periode kepengurusan tersebut LT-IPB dipimpin oleh Dr. Ir. Moh. Anwar Nur, MSc sebagai Kepala Laboratorium.

Pada tahun 1999, melalui SK Rektor IPB No.150/K13.12.1/OT/1999 tentang Struktur Organisasi dan Personalia UPT Laboratorium Terpadu Institut Pertanian Bogor, terjadi pergantian/estafet kepengurusan (Kepala Laboratorium) dari Dr. Ir. Moh. Anwar Nur, MSc ke Dr. Zainal Alim Mas’ud, DEA. Berdasarkan SK tersebut, tupoksi LT-IPB adalah memberikan pelayanan kepada unit kerja di lingkungan IPB berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan penelitian, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat luas dalam jasa pengujian. Ada penambahan 2 (dua) lingkup pelayanan yaitu Bidang Pelatihan/Konsultasi Teknik dan Workshop, dan Bidang Mikrobiologi.

Pada tahun 2003, sesuai dengan SK Rektor No.026/K13/KP/2003 tentang Perubahan Organisasi dan Penugasan Personalia UPT Laboratorium Terpadu IPB, lingkup pelayanan LT-IPB mengalami perubahan menjadi Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Jasa Layanan Laboratorium, Divisi Logistik, Divisi Pelatihan dan Layananan Pendidikan, dan Divisi Sertifikasi. Pada tahun 2008 Rektor IPB memperpanjang masa tugas tim pengelola LT-IPB dengan menerbitkan SK No.115/13/KP/2008. Selain itu, sesuai Struktur Organisasi IPB yang baru (berdasarkan Ketetapan Majelis Wali Amanat-IPB No 77/MWA-IPB/2008), diterbitkan pula SK Rektor No.11/13/OT/2008 yang mengubah nama UPT Laboratorium Terpadu menjadi Laboratorium Kimia Terpadu dan ditetapkan sebagai salah satu Unit Penunjang Akademik di lingkungan IPB yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama.

Sejalan dengan kebijakan rektor mengenai relokasi dan penataan kegiatan akademik, pemindahan Departemen Kimia FMIPA dari kampus Baranangsiang ke kampus Darmaga, dan pembentukan Program Diploma, maka pada bulan Februari 2008 LT-IPB pindah ke gedung eks Departemen Kimia FMIPA di kampus IPB Baranangsiang. Pada tahun 2010 rektor menerbitkan SK No.134/13/KP/2010 yang memperpanjang masa kepengurusan personil LT-IPB yang berakhir pada 5 Desember 2014 dengan diterbitkannya SK Rektor No.307/IT3/KP/2014. Dengan SK tersebut terjadi pergantian/estafet kepengurusan (Kepala Laboratorium) dari Dr. Zainal Alim Mas’ud, DEA ke Dr. Komar Sutriah, MS.

Di era kepengurusan Dr. Zainal Alim Mas’ud, DEA, LT-IPB banyak melakukan perubahan dan penataan organisasi diselaraskan dengan dinamika dan tuntutan IPB, agar tetap mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada civitas akademika dan masyarakat. LT-IPB memiliki 7 (tujuh) divisi pelayanan yaitu (1) Divisi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi, (2) Divisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, (3) Divisi Sertifikasi, (4) Divisi Halal Science Centre, (5) Divisi Pengelolaan Peralatan, (6) Divisi Pelatihan dan Layanan Pendidikan, dan (7) Divisi Penelitian dan Pengembangan.

Mengacu ke peraturan MWA No.8/MWA-IPB/2014 tentang organisasi dan tata kerja IPB, dan tugas pokok dan fungsi LT-IPB, dan SK rektor IPB Rektor No.307/IT3/KP/2014 tentang penugasan Kepala Laboratorium Kimia Terpadu, Kepala LT-IPB menerbitkan SK No.09/IT3.36/OT/2015 tentang perubahan struktur organisasi dan personalia LT-IPB. Saat ini organisasi LT-IPB terdiri dari 5 (lima) divisi yaitu (1) Divisi Pengujian dan Kalibrasi, yang terdiri dari Sub.Divisi Laboratorium Lingkungan, Ekotoksikologi, dan Mikrobiologi, Sub.Divisi Laboratorium Material dan Sub.Divisi Laboratorium Kalibrasi (2) Divisi Penelitian dan Pengembangan (3) Divisi Layanan Pendidikan, Pelatihan dan Kerjasama (4) Divisi Pengelolaan Bahan dan Peralatan dan (5) Divisi Sertifikasi dan Halal Science Center.